Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
03 Sep 2022 1,239 pembaca ADMIN DPMPTSP

Pendampingan OSS RBA Sektor Peternakan

DPMPTSP, Dalam rangka implementasi penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui sistem Online Single Submission (OSS) Risk Based Aproach (RBA) sektor Peternakan sebagai upaya legalitas usaha pada Kamis 25-08-2022 diadakan pendampingan kepada para pelaku usaha peternakan yang ada di Wilayah Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini diprakarsai dan menindaklanjuti hasil rapat koordinasi antara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang dengan Assosiasi Peternak untuk dilakukan pendampingan dalam pembuatan NIB sektor Peternakan.

Pada kesempatan itu turut hadir Pelaku Usaha Peternakan yang dengan antusias mengikuti setiap alur permohonan pembuatan NIB baru maupun bagi yang telah memiliki NIB melalui OSS versi 1.1 turut pula diberikan pendampingan migrasi NIB OSS-RBA. Para Pelaku Usaha yang hadir didominasi oleh pelaku usaha peternakan ayam petelur di wilayah Kabupaten Tangerang. Tingkat keberhasilan dari kegiatan ini sekitar 98% namun juga masih terdapat kendala lain seperti ada para pelaku usaha yang lupa akun login OSS.

Diharapkan dengan adanya pendampingan ini, para pelaku usaha peternakan bisa menjalankan kegiatannya secara legal karena telah memiliki perizinan berbasis risiko sebagaimana telah diatur dalam PP 6 Tahun 2021. Selain itu pula dengan telah dilegalisasinya kegiatan usahanya para pelaku usaha peternakan bisa dibina oleh instansi teknis terkait baik melalui Pemerintah Kabupaten Tangerang maupun Lembaga dan Kementerian.