Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
06 Apr 2024 384 pembaca ADMIN DPMPTSP

IKM DPMPTSP Kabupaten Tangerang Triwulan I Tahun 2024

Pemerintah sangat membutuhkan informasi dari unit pelayanan instansi pemerintah secara rutin, dengan harapan mampu memberikan gambaran mengenai kualitas pelayanan yang maksimal untuk mewujudkan hasil guna dan daya guna di instansi pemerintah kepada masyarakat. Oleh karena itu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tangerang mengadakan Survei Kepuasan Masyarakat secara periodik setiap Semester. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Triwulan I Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tangerang merupakan salah satu instrument untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang telah diberikan sekaligus sebagai salah satu tolak ukur kinerja pelayanan perizinan. 

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Kabupaten Tangerang didasarkan pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat dan Peraturan Bupati Tangerang Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Tangerang. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) digunakan sebagai indikator/tolok ukur tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang mereka terima serta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menilai secara obyektif dan periodik terhadap perkembangan kinerja dan tingkat kualitas kinerja pelayanan yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tangerang.

Nilai rata-rata tertimbang per unsur pelayanan berada pada kisaran nilai 0.35 hingga 0.44. Nilai unsur pelayanan Prosedur, Maklumat Pelayanan, Penanganan Pengaduan, dan Biaya/Tarif termasuk pada kategori “Sangat Baik”, sedangkan untuk nilai per unsur pelayanan lainnya termasuk pada kategori “Baik”. Demikian juga dengan nilai indeks unit pelayanannya. Nilai indeks unit pelayanan termasuk pada kategori “Sangat Baik” dengan nilai 3.54. 

Berdasarkan hasil konversi dapat dikatakan bahwa mutu pelayanan dan kinerja pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Tangerang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, karena diperoleh nilai IKM unit pelayanan sebesar 88.5. Nilai IKM Dinas Penanaman
Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Tangerang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” karena berada pada kisaran nilai 88.31 - 100.

Semoga Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Triwulan I Tahun 2024 ini bermanfaat khususnya bagi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tangerang dan bagi semua pihak yang terkait dengan pelayanan publik di Kabupaten Tangerang. 

 

Untuk melihat dan mengunduh Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Triwulan I Tahun 2024 ini dapat mengunjungi link https://drive.google.com/file/d/1Aym39Oq6aM0X8p_-UYi9teb1f1Im4l56/view?usp=sharing

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (dpmptsp.tangerangkab.go.id)/TNK