Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
27 Aug 2022 4,375 pembaca ADMIN DPMPTSP

Sosialisasi Perubahan IMB menjadi PBG

DPMPTSP_ Dalam rangka implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, DPMPTSP Kabupaten Tangerang mengadakan sosialisasi perubahan nomenklatur atau istilah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Kegiatan Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada selasa, 23 Agustus 2022 bertempat di GSG Kantor Kecamatan Panongan.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Panongan Rizkia Nurul Fajar, S.STP, M.Si dan dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Lusi Mardiana, SH selaku Analis Dokumen Perizinan DPMPTSP Kabupaten Tangerang. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya legalitas dan pemenuhan standar teknis terhadap bangunan gedung yang dimiliki terkait dampak keselamatan serta kenyamanan orang yang berada di bangunan tersebut dan dilingkungan sekitar bangunan tersebut didirikan.

Pada sesi tanya jawab kendala terbesar yang dialami masyarakat dalam proses pengajuan PBG adalah terletak pada pemenuhan standar teknis yang harus dilakukan oleh Konsultan berlisensi, hal tersebut tentunya memberatkan masyarakat terkait biaya jasa tan berlisensi dalam proses pengajuan permohonan PBG.Terkait kendala tersebut Pemerintah Kabupaten Tangerang masih menunggu peraturan turunan tentang biaya jasa Konsultan berlisensi yang kewenangannya dimiliki oleh Pemerintah Pusat.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan masyarakat Kabupaten Tangerang lebih memahami persyaratan teknis serta proses dalam pengajuan PBG, sehingga masyarakat tidak memiliki kendala untuk memiliki legalitas terhadap bangunan gedung yang dimilikinya.